Jember Fashion Carnaval (JFC) 2022 : Second Decade

Jember Fashion Carnaval (JFC) kembali digelar secara luring. Legacy adalah tema utama yang diangkat dalam JFC Second Decade tahun 2022. Memiliki pengertian dalam bahasa Indonesia yaitu warisan, yang bermakna peninggalan yang diwariskan. Sub tema yang diangkat adalah warisan defile-defile terbaik sejak JFC 11 hingga JFC 19. JFC 20 akan diselenggarakan pada 6-7 Agustus 2022 di jalanan utama Kota Jember.

Tema The Legacy diangkat sebagai upaya Jember Fashion Carnaval dalam mewariskan semangat serta tujuan besar pendirian yayasan yang telah dicetuskan oleh Founder Jember Fashion Carnaval, Almarhum Dynand Fariz, dua puluh dua tahun lalu. Beliau memiliki tujuan besar untuk menjadikan Jember sebagai kota tambang kreativitas, dan Indonesia sebagai pusat pariwisata dunia. Dua dekade berlalu, pengorbanan Dynand Fariz telah menghantarkan Jember menjadi diakui sebagai Kota Karnaval.

JFC telah tumbuh sebagai ikon perubahan budaya modern Indonesia. Sebuah pencapaian besar yang kini menjadi warisan yang sangat berharga. Kini, sebagian tujuan telah tercapai, dan sebagian baru akan dimulai. Maka, 2022 ini, Jember Fashion Carnaval menyampaikan pesan kepada seluruh dunia, bahwa semangat dan tekad ini telah diwariskan, tujuan baru telah dimulai. Dan yang pasti, legacy ini, akan terus dilanjutkan,hingga kelak, akan meninggalkan warisan yang lebih besar lagi. (*)

*Foto : Hendro Pranyoto