Jember Fashion Carnaval 2022 Sukses Digelar

Setelah digelar daring pada tahun sebelumnya, akhirnya Jember Fashion Carnaval diselenggarakan kembali 6-7 Agustus 2022. Legacy menjadi tema utama yang diangkat dalam JFC Second Decade tahun 2022. Sub tema yang diangkat adalah warisan defile-defile terbaik sejak JFC 11 hingga JFC 19.

SRIWIJAYA

Penampilan dalam Defile Sriwijaya

Sriwijaya merupakan kesatuan bahari yang pernah berdiri di pulau Sumatra dan banyak memberi pengaruh di Asia Tenggara hingga semenanjung Malaka. Nama kerajaan ini berasal dari kata ‘“Sri” yang berarti “bercahaya”, dan wijaya yang berarti “kemenangan” atau “kejayaan”. Kemenangan yang gemilang. Sriwijaya memiliki armada laut terkuat pada masanya, dan menguasai jalur perdagangan maritim di Selat Malaka, Selat Sunda, Laut Tiongkok Selatan, Laut Jawa, dan Selat Karimata. Tak heran, membuat Sriwijaya menjadi salah satu kerajaan besar yang sangat kaya akan rempah sebagai komoditi perdagangannya.

MADURESE

Merupakan salah satu etnis besar yang terdapat di Indonesia, dan dikenal dengan keberanian serta tekad kuat dalam memperjuangkan hidupnya di perantauan. Madura tidak pernah berhenti membuat kita kagum akan prinsip hidup yang mereka junjung. Sate Madura juga seakan tidak bisa lepas dari benak kita ketika mendengar tentang Madura. Kelezatan bumbu dan keunikan khas yang diperlihatkan oleh penjual sate ini membuat selalu teringat saat membahas tentang Madura. Sebuah bukti bahwa kekayaan Nusantara memang tiada tandingnya di dunia.

KUJANG

Senjata tradisional yang satu ini memiliki bentuk yang sangat unik. Berbentuk melengkung dengan ujung yang menyerupai anak panah, serta lubang pada bagian bilahnya, membuat senjata ini sangat mudah kita kenali. Aura berani dan mistis yang melekat pada senjata ini seakan menjadi pelengkap dari keindahan senjata tradisional Jawa Barat. Meski demikian, penggunaan senjata ini sangat melekat pada peradaban Jawa Barat karena fungsinya sebagai alat berladang yang mewarisi tradisi bertahan hidup masyarakat.

BETAWI

Sifat ramah, ondel-ondel dan jiwa sosial tinggi merupakan hal yang tidak lepas dari betawi. betawi merupakan salah satu suku yang umumnya bertempat tinggal di Ibukota Jakarta dan sekitar nya. Suku ini memiliki tradisi pernikahan yang khas dan menarik diantaranya ngerudat dan buka palang pintu. Tak lupa sepasang roti buaya, yang sering diberikan sebagai seserahan saat pernikahan karena menjadi simbol dari sebuah kesetiaan. Suku ini selalu memberikan kesan gembira pada semua orang.

MAHABHARATA

Salah satu cerita besar india kuno yang berkisah tentang perang antara Pandawa dan Kurawa dalam memperebutkan takhta Hastinapura. Kisah ini sarat akan tujuan hidup manusia dan filsafat, serta peribadatan Hindu yang memuja dewa-dewa, salah satunya Kresna. Kresna dianggap sebagai manifestasi dari kebenaran mutlak, atau perwujudan Tuhan, yang digambarkan sebagai pria berkulit biru tua dengan dhoti kuning dan mahkota yang dihiasi bulu merak. Dewa ini bahkan menjadi salah satu dewa favorit yang ditampilkan dalam setiap seni pertunjukan Mahabharata. Mahabharata menjadi penggambaran bahwa India kaya akan filosofi masa lalu yang agung.

MAJAPAHIT

Majapahit merupakan kerajaan besar kuno yang berpusat di Jawa Timur. Selain mempunyai angkatan laut yang tangguh, Majapahit juga mempunyai kekuatan militer dan strateginya juga mampu menciptakan stabilitas di wilayahnya. pada saat kepemimpinan majapahit ke 6, majapahit dipimpin oleh sang ratu bernama Dewi Suhita yang bergelar ratu ayu kencana wungu. putri kencana wungu dikenal dengan wanita tangguh pada jaman majapahit. Kisah cintanya yang melagendaris dengan Damarwulan, menjadikan Majapahit tak hanya memiliki warisan kisah kejayaan, namun juga warisan kisah kepemimpinan seorang perempuan.

GARUDA

Burung Garuda merupakan mahluk mitologi kuno dalam sejarah bangsa Indonesia, yaitu kendaraan wishnu yang menyerupai elang rajawali. Digambarkan sebagai sosok burung yang besar dan kuat, menunjukan bahwa garuda merupakan hewan yang sangat arif dan bijaksana. Memiliki warna keemasan yang mencerminkan keagungan dan kejayaan, tak heran, burung garuda menjadi lambang Negara Kesatuan Republik Indonesia.

AZTEC

Sebuah peradaban kuno Mesoamerika yang berkembang di kawasan tengah Meksiko pada kisaran 1300 sampai 1521. Sangat sarat akan ritual mistis yang bersifat penumbalan dan pemujaan dewa, membuat suku ini sangat sakral di peradaban amerika. Aztec juga dikenal sebagai bangsa yang gemar berperang. Peninggalan peradaban berupa menara tengkorak dan susunan tulang belulang, seakan menjadi bukti bahwa aztec merupakan bangsa yang sangat berani dan kejam, namun juga taat memuja dewa mereka.

NUSA TENGGARA

Kepulauan Nusa Tenggara adalah salah satu surga yang dimiliki Indonesia. Terbagi kedalam dua Provinsi, yaitu Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Kekayaan alam kepulauan ini sangat menakjubkan sehingga membuat banyak wisatawan ingin pergi ke tempat ini. Sebut saja Komodo dan Sasando, dua kekayaan Indonesia yang berasal dari Kepulauan ini. Komodo dengan segala keunikannya, dan Sasando dengan keindahan dawainya, menjadi bukti bahwa tuhan menakdirkan Indonesia menjadi negara paling Indah di Dunia.

POSEIDON

Poseidon atau penguasa bumi, merupakan sosok dewa laut dalam mitologi Yunani. Ia dikisahkan sebagai putra Cronus, sekaligus saudara dari Zeus. Dicirikan dengan tubuh gagah dan perkasa, dan juga memiliki senjata andalan yaitu trisula. Karena kekuatannya, poseidon menjadi salah satu dewa yang paling dihormati dalam kepercayaan Yunani. Ia juga dianggap sebagai pelindung dari beberapa kota di Yunani dan mereka percaya jika Poseidon adalah dewa yang menciptakan pulau-pulau baru dan membuat laut menjadi tenang.

Reporter : Agung Portal