Dolan Bareng Alana Yogyakarta undang Perusahaan dan Media bersilaturahmi

Yogyakarta, event.web.id – Hotel tidak hanya sebagai salah satu fasilitas yang menunjang pariwisata dalam bidang akomodasi. Seiring dengan berkembangnya kebutuhan Meeting, Incentive, Conference dan Exhibition (MICE), hotel-hotel juga menjalankan fungsi mendukung berkembangnya MICE melalui fasilitas convention hall yang dimilikinya. Fasilitas ballroom dan meeting room yang ada, memiliki target pasar terhadap para wisatawan yang akan menggelar kegiatan-kegiatan MICE.

Pemerintah menetapkan target sebanyak 2 juta wisatawan MICE akan berkunjung ke Indonesia pada tahun 2019. Kedatangan wisatawan MICE ke Indonesia memang tidak sebanyak wisatawan leisure, tetapi lamanya kunjungan dan banyaknya uang yang dibelanjakan wisatawan MICE menjadi daya tarik sendiri. Berdasarkan data dari ICCA (International Congress & Convention Association) yang dirilis pada 2012, jumlah devisa yang dikeluarkan oleh wisatawan MICE adalah tujuh kali lipat dari wisatawan biasa. Wisatawan MICE umumnya diklasifikasikan sebagai “quality tourist” yang cenderung tinggal lebih lama dan menghabiskan uang lebih banyak dari pada wisatawan biasa. Untuk pengembangan destinasi MICE fokusnya adalah di tujuh kota, yaitu Jakarta, Yogyakarta, Bandung, Surabaya, Medan, Bali dan Lombok. Pengembangan destinasi yang dilakukan pada dua hal utama, yaitu pengembangan melalui 3 A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas) dan pengembangan SMI (SDM, Masyarakat, Industri).

Perkembangan MICE di Yogyakarta untuk 4 tahun belakangan ini sangat meningkat karena beberapa hotel buka dengan memiliki ballroom yang sangat besar. The Alana Hotel & Convention Center yang dibangun dan dibuka mulai 2015 menjadi salah satu pendukung kemajuan MICE di Yogyakarta. Dengan ballroom yang terbesar saat ini di kota Yogyakarta, dapat menampung hingga 3,500 orang serta memiliki lahan parkir yang sangat luas menjadi kelebihan dari hotel lainnya.

Kesuksesan The Alana Hotel & Convention Center Yogyakarta selama ini atas dukungan dan kerjasama dari perusahaan perusahaan, media, travel agent dan semua pihak. Untuk hal tersebut, The Alana Hotel & Convention Center Yogyakarta berkesempatan mengundang untuk bersilahturahmi dan “dolan” bareng pada tanggal 5 – 7 April 2019. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih atas kerjasamanya selama ini. Adapun kegiatan acaranya meliputi: Welcome Dinner, yang diadakan pada hari Jumat, 5 April 2019. Mengajak seluruh tamu undangan untuk makan malam bersama di Andrawina Restaurant menikmati sajian kuliner “Signature of Asia.”

 

Pada esok paginya seluruh peserta diajak berwisata ke Desa Wisata Kembang Arum, Turi, Sleman. Desa wisata Kembang Arum merupakan desa wisata yang diresmikan pada pertengahan tahun 2005. Desa ini menawarkan edukasi dan alam sebagai sajian wisata bagi pengunjung. Program-program yang dirancang dan dibangun di desa wisata ini mengedepankan edukasi atau pendidikan bagi anak-anak khususnya. Berbagai permainan tradisional seperti enggrang, engklek, dakon, gobak sodor, dan lainnya dapat dimainkan di lokasi tersebut. Sungai di desa ini juga dijadikan sebagai sarana permainan. Sungai tersebut bukan merupakan sungai yang kotor dan tidak terawat, tetapi sungai ini sengaja dirawat dan dibuat sebagai arena permainan. Di Desa Kembang Arum ini, semua peserta akan disambut dengan hiburan tradisional dan bisa menikmati suasana desa yang alami. Setelah puas menikmati dan menjelajahi desa wisata Kembang Arum, peserta diajak menelusuri setiap sudut Jogjakarta di sepanjang jalan Maliboro.

Gala Dinner di malam hari menjadi acara inti dan penutup dari rangkaian acara “Dolan” bareng Alana Jogja. Dimulai pukul 19:00, acara gala dinner ini bernuansa tropical dan panitia seluruhnya mengenakan pakaian yang senada. Disambut dengan DJ Sophia mengawali gala dinner agar suasana tambah meriah. Dilanjutkan penampilan dari Lips dancer untuk menguatkan tema yang ada. Sambutan dari General Manager sebagai ucapan terima kasih dan perasaan bahagia atas kehadiran peserta semua. Melanjutkan pesta pantai di Ballroom Amartapura terbesar di Yogyakarta, persembahan dari Cabarete Show juga memeriahkan acara Gala Dinner. Pembagian doorprize juga membuat acara menjadi tambah meriah. Ditutup dengan penampilan Lips Dancer berkolaborasi dengan DJ Sophia membuat peserta tak ingin bergegas meninggalkan ballroom untuk menyudahi Gala Dinner. (*)

(EI/MDJ/AgP)

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *