1000 Penari dan Pelari Rayakan 114 tahun perjalanan Grand Inna Malioboro

1000 Penari, 1000 Pelari, 1000 Pemancing, 1000 Langkah Maju Menuju Revitalisasi Hotel Grand Inna Malioboro dan Rayakan Tumpeng dengan wajah baru Luxury Brand Meru.

Salah satu jaringan Hotel Indonesia Group ( HIG) yang berlokasi di Yogyakarta menggelar Grand Inna Malioboro 1000 Langkah maju menuju revitalisasi Brand Meru dalam rangka 114 tahun Anniversary Grand Inna Malioboro. Lebih dari 11 dekade Grand Inna Malioboro telah memberikan warna pada dunia pariwisata Indonesia, karena merupakan pioner di dunia perhotelan yang mengangkat budaya Indonesia dengan pelayanan bertaraf Internasional. Sehingga hotel yang berlokasi tepat di jantung kota Yogyakarta ini menjadi suatu hotel bernilai sejarah yang tinggi dan wajib dikunjungi.

114 tahun perjalanan Grand Inna Malioboro hadir sebagai Hotel, Business & Convention, merupakan perjalanan panjang untuk tetap memberikan fasilitas dan pelayanan bertaraf Internasional untuk berpacu dengan modernitas dengan tetap menjunjung budaya Jawa tanpa meninggalkan arsitektur bersejarah. 

Dalam rangka Anniversary Grand Inna malioboro ke 114 tahun berbagai kegiatan sudah dilaksanakan diantaranya Reresik Malioboro, Berbagi kasih dengan anak anak Panti Asuhan, Lomba Masak di kali Code, Table Manners Course istri karyawan Grand Inna Malioboro, Sepeda Gembira bersama Karyawan Karyawati Grand Inna Malioboro, Pemberian Seragam & Penyerahan Pengecatan Becak Malioboro, Reresik kali Code, dan 1000 Pemancing Neng Kali Code.

114 tahun Grand Inna Malioboro Dalam menyongsong era baru dirangkaian Anniversary Grand Inna Malioboro ke 114 tahun dan sebagai puncak acara kami ingin mengapresiasikan diri dengan berbagai kegiatan dalam event 1000 Penari, 1000 Pelari, 1000 Pemancing, 1000 Langkah Maju Menuju Revitalisasi Hotel Grand Inna Malioboro dengan wajah baru luxury brand Meru dan Rayakan Tumpeng yang diadakan pada hari Sabtu, Tanggal 20 Agustus 2022 bertempat di Hotel Grand Inna Malioboro, Yogyakarta. Acara diselenggarakan di Pelataran Hotel Grand Inna Malioboro dengan melibatkan 29 pasukan Bregodo,  6 Rekso Winongo, Pragina Gong, Beksan Malioboro, Kelompok PKK Suryatmajan, Perwosi Kemantren Danurejan, Anggota PHRI Yogyakarta, QUEEN Hotelier of Yogyakarta, 24 Hotel managed by Hotel Indonesia Group, dan masyarakat sekitar.

Acara dimulai tepat pukul 15.00 dengan sambutan dari Kepala Dinas Pariwisata Propinsi DIY Bapak Singgih Raharjo, S.H, M.Ed. Sambutan Direktur Utama PT Hotel Indonesia Properti dan Sambutan General Manager Grand Inna Malioboro. Special performance tarian Balakosa oleh Pragina Gong yang mempunyai makna penggambaran para ksatria Jawa yang bersiap dan berlatih perang untuk bersama-sama meraih kesuksesan di medan pertempuran. Pelepasan pelari oleh  Kepala Dinas Pariwisata Propinsi DIY Bapak Singgih Raharjo, S.H, M.Ed.

Lomba lari diikuti oleh masyarakat yang berada disekitar Joglosemar dengan rute lari 5km. Rute ini mulai dari Grand inna malioboro dan check point 1 di jl. Dr. Soetomo dan finish di Grand Inna Malioboro. Sundown 5k Run Grand Inna Malioboro 5K merupakan salah satu event pertama digelar sore hari di jalan Malioboro acara akan dimulai jam 15.00 yang biasanya para pelari dengan sebutan “sundown running”.

Bersama dengan ditutupnya jl Malioboro berbagai macam tarian dari Nusantara dapat disaksikan sebagai  dukungan dari 20 hotel managed by Hotel Indonesia Group, diantaranya : 4 Hotel secara Live streaming : Tari Piring oleh Truntum Padang, Tari Sampurasun dari Grand Inna Samudera Beach, Tari Reog dari Inna Tretes Hotel dan Resort, Tari Pendet dari Inna Bali Heritage & Inna Sindhu Beach Hotel. Dan penampilan Tari Remong Bolet dari Khas Surabaya, Tari Empat Etnis dari Khas Makasar, Tari Padang Bulan dari Khas Malioboro & Khas Tugu, Tari Kecak dari Grand Inna Kuta, Tari Damar Kurung dari Khas Gresik, Tari Mustika Nirwana dari Merusaka Nusa Dua, Tari Sireh dari Merumatta Senggigi Lombok, Tari Japin Melayu dari Grand Inna Medan, Tari Tor-Tor dari Khas Parapat, Tari Gandrung dan Remo dari Grand Inna Tunjungan, Tari Gambang Semarang dari Khas Semarang, Tari Lestari Batik Jlamprang dari Khas Pekalongan, Tari Zapin Kompang Rafai Melayu Riau dari Khas Pekanbaru, Tari Tiba Meka dari Meruorah Komodo Labuan Bajo, Tari Medley Ondel, Kecak, Janger, Yamko Rambo Yamko dari Khas Tegal.

Prosesi arak arakan Tumpeng didahului dengan 6 Rekso Winongo, 29 Bregodo 114 Penari yang membawa tumpeng Anniversary. Seluruh penari menarikan Tarian “Guyub Rukun” hasil koreografer Pragina Gong yang menggambarkan pengenalan motif gerak Nusantara yang bermakna kebersamaan, Bersatu Bersama, seirama menggambarkan semangat kebersamaan dalam mencapai satu tujuan yang dibawakan oleh Pragina Gong Bersama penari dari Paguyuban Beksan Malioboro, Kelompok PKK Suryatmajan, Perwosi Kemantren Danurejan, Pengurus & Anggota PHRI Yogyakarta, QUEEN Hotelier of Yogyakarta diikuti oleh seluruh peserta lari dan masyarakat / pengunjung Malioboro.

Event ditutup dengan persembahan 114 tumpeng Anniversary Grand Inna Malioboro yang dapat  dinikmati oleh seluruh peserta event dan pengunjung Malioboro.