Fusion : Art Ceramic Experience Seniman Sidik Purnomo

Tajuk Fusion; memiliki arti lebur, perpaduan, gabungan, atau penyatuan dua unsur atau lebih. Mengambil filosofi dari pembuatan keramik yang menggabungkan berbagai elemen bumi. Pihak-pihak yang terlibat dalam pameran ini pun terdiri dari berbagai macam elemen, baik individu maupun kelompok. Melalui Nonton Bareng Indonesia sebagai penyelenggara, Nafa Arinda sebagai kurator, dan Sidik Purnomo sebagai seniman, acara ini memang dimaksudkan untuk menjadi wadah peleburan berbagai elemen yang lebih luas lagi.

Meskipun ide awal acara ini adalah sebuah pameran keramik, tetapi narasi yang dibawa secara keseluruhan bergeser dari ceramic exhibition menuju ceramic experience. Dengan format ini, dicita-citakan bahwa pengunjung dapat merasakan pengalaman keramik, dan tidak cukup dengan menonton karya seni saja. Lebih dari itu, pengunjung dapat belajar, berdialog, bahkan membuat keramik bersama seniman. Pengalaman-pengalaman itulah yang diupayakan hadir. Dengan demikian pengunjung dapat ikut melebur dalam acara ini.

Selain keterlibatan pengunjung, format acara ini juga melibatkan 9 penonton/pengunjung terpilih dan terlibat secara fisik maupun gagasan selama persiapan acara. Penonton/pengunjung terpilih tersebut adalah orang-orang yang mendaftar dalam program tahunan yang diselenggarakan Nonton Bareng Indonesia bernama Sahabat Proses Kekaryaan. Penonton/pengunjung terpilih tersebut berkolaborasi dengan seniman melalui peran-peran yang dipilih. Peran tersebut di antaranya adalah Sahabat Kurasi (co-curator), Sahabat Galeri (artistik), Sahabat Kisah (ceramic knowledge corner), dan Sahabat Kreasi (ceramic class partner).

Dalam pelaksanaan Fusion: An Art Ceramic Experience with Sidik Purnomo, ada tiga bagian ruang yang menjadi inti acara, di antaranya adalah ruang karya seni,  ruang pengetahuan, dan ruang kreasi keramik. Selain itu, akan ada tiga kali sesi diskusi interaktif yang mengambil tema-tema yang berkaitan dengan keramik selama acara berlangsung. Acara ini digelar mulai 26 November – 10 Desember 2022 pada pukul 10.00 – 17.00 WIB pada hari-hari biasa, dan 12.00 – 20.00 WIB di akhir pekan, di Tempuran Space. Untuk pengunjung yang ingin hadir  bisa membayar tiket pengalaman sebesar Rp. 20.000,00. (*)