Keraton Jogja Menggelar ‘Konser Kamardikan’ Yogyakarta Royal Orchestra

Usai menggelar Pentas Musikan Kamardikan yang menampikan tim ansambel tiup Yogyakarta Royal Orchestra, Keraton Yogyakarta menghadirkan penutup semarak peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan menggelar Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra. Konser ini digelar pada Sabtu, 27 Agustus 2022 mulai pukul 19.00 WIB, berlokasi di Kagungan Dalem Bangsal Pancaniti – Kamandhungan Ler (area Plataran Keben), Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat.

“Peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia selalu menjadi hal yang spesial bagi kami di Keraton Yogyakarta. Sehingga usai Pentas Musikan Kamardikan yang digelar pas di tanggal 17 Agustus, kami tutup rangkaian semarak HUT ke-77 RI ini dengan Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra, full orchestra, dengan berkolaborasi dengan beberapa pihak seperti solois saxophone, vokal, dan choir,” terang KPH Notonegoro, penghageng Kawedanan Kridhamardawa yang menaungi Yogyakarta Royal Orchestra.

Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra kali ini menghadirkan 11 repertoar. Gendhing Gati Mardika sebagai pembuka hadir dengan berkolaborasi bersama Abdi Dalem Wiyaga Kawedanan Kridhamardawa, disusul lagu Api Kemerdekaan, Dari Sabang Sampai Merauke, Pahlawan Merdeka, Syukur, dan Tekad yang berkolaborasi dengan Vocalista Harmonic Choir dari ISI Yogyakarta. Kemudian dilanjutkan dengan 2 repertoar yang menjadi kolaborasi Yogyakarta Royal Orchestra dengan solois saxophone yang merupakan Abdi Dalem Musikan, MJ. Praptowaditro, dengan membawakan lagu Tanah Airku dan Sepasang Mata Bola.

Disusul lagu Kebyar Kebyar hadir dengan duet vokal alto oleh Okky Kumala Sari, seorang vokalis band pop- keroncong asal Jogja, Remember Entertainment dan vokal tenor Daniel Christianto, seorang solois vokal yang telah banyak bernyanyi di konser orkestra dan opera berskala nasional maupun internasional. Dilanjutkan kemudian penampilan lagu Hari Merdeka yang juga berkolaborasi dengan Vocalista Harmonic Choir. Sebagai penutup, kembali hadir kolaborasi Yogyakarta Royal Orchestra dengan Abdi Dalem Wiyaga Kawedanan Kridhamardawa yang akan membawakan Gendhing Bubaran “Arum-Arum”.

Konser Kamardikan Yogyakarta Royal Orchestra dipimpin MW. Widyowiryomardowo selaku conductor atau pengaba ini merupakan konser yang dapat disaksikan oleh masyarakat secara hibrida. Selain dihadiri tamu undangan, masyarakat yang telah melakukan reservasi dan mendapatkan e-tiket bisa menyaksikan langsung di lokasi pementasan. Gelaran ini dapat disaksikan juga secara daring melalui kanal Youtube Kraton Jogja. (*)