Menikmati Bali melalui Deretan Program KEMBALI 2020: A Rebuild Bali Festival

Karena pandemi global, Yayasan Mudra Swari Saraswati, yayasan nirlaba di Ubud, terpaksa menunda Ubud Writers & Readers Festival (UWRF) dan Ubud Food Festival (UFF). Yayasan Mudra Swari Saraswati kemudian menggabungkan elemen-elemen terbaik dari kedua Festival tersebut dan menghadirkan KEMBALI 2020: A Rebuild Bali Festival (KEMBALI20) dalam bentuk digital sebagai perayaan sastra, seni, budaya, dan kuliner.

Bukan sekadar Festival, KEMBALI20 merupakan perwujudan dedikasi bagi Pulau Dewata, Bali, dalam industri seni kreatif. Dari 29 Oktober – 8 November, lebih dari 120 penulis, seniman, jurnalis, petani, chef, dan pegiat akan bergabung dalam deretan program menarik Festival.

Setelah peluncuran jajaran nama pembicara lengkap dan lebih dari 60 program digital pada September lalu, pada hari ini Senin (19/10/2020), KEMBALI20 meluncurkan deretan program gratisnya yang terdiri dari Teater Kuliner, pertunjukan musik dan seni, serta pemutaran film.

“KEMBALI20 memberikan kesempatan kepada siapa pun dari mana pun untuk menikmati Bali dengan cara berbeda. Melalui Festival ini, kami ingin Anda melihat Bali dalam bentuk aslinya,” lanjut Pendiri dan Direktur KEMBALI20 Janet DeNeefe.

“Dari komunitas, alam, dan budaya otentik yang kerap tidak tersorot oleh publik, kami membagikan yang terbaik dari Bali.”

KEMBALI20 menghadirkan dua Teater Kuliner yang berbeda dari biasanya. Dalam Teater Kuliner | Cooking Challenge: Ibu Susi & Chef Bart, salah satu figur terbesar di industri perikanan Indonesia Susi Pudjiastuti akan memasak bersama chef internasional Bart van Olphen. Keduanya akan bekerja sama menyiapkan hidangan ikan tradisional Timur Tengah, Chraime, dalam tantangan memasak virtual yang menarik. Selanjutnya, bintang rock Indonesia Kaka Slank juga menerima.