Thursday , May 25 2017
Home / Festival / Pinasthika Creativestival XVII 2016 : AwakeON

Pinasthika Creativestival XVII 2016 : AwakeON

Event akbar Pinasthika Creativestival kembali akan digelar oleh P3I PengDa DIY & SKH Kedaulatan Rakyat dan didukung sepenuhnya oleh BEKRAF, dan P3I Pusat. Pada tahun pelaksanaan ke-17 ini mengusung tema AwakeON, dan akan dihelat selama empat hari pada tanggal 3 sd 6 November 2016 di Hartono Mall Yogyakarta.

AWAKE ON, berusaha mengajak semua insan kreatif dari berbagai bidang untuk sejenak memikirkan tujuan hidup kita semua dan capaian yang harus dijalani bersama sama dalam sebuah ekosistem kreatif. Model ekosistem kreatif akan mengubah pemain kreatif lokal menjadi pemain utama, masing-masing memiliki hubungan dengan masyarakat, berkumpul untuk berbagi ide dan bereksperimen dengan cara-cara baru untuk memperkuat keterlibatan mereka di ekonomi kreatif Indonesia.

Sejak tahun 1999 Pinasthika Creativestival tumbuh sebagai statement festival kreatif  Indonesia yang dalam 16 tahun penyelenggaraan telah menjadi parameter industri kreatif lokal Indonesia yang tidak hanya berbicara tentang advertising & desain grafis, tetapi juga berkolaborasi dengan 16 sub sektor ekonomi kreatif lainnya. Ditahun kemarin tercatat selama 4 hari pelaksanaan menghadirkan 360 Seminars Audience, 45 Creative Community, 60+ Creative Product, 1970 Gallery Audience dan melombakan 7 Main Category, 974 Award Entry, dan menghasilkan 81 Award Metal.

Puncak festival dilangsungkan dalam 4 hari untuk mengulas ide-ide, memberikan akses pada jaringan kreatif, inspirasi dari insan dan pemimpin kreatif. Dikemas dalam sebuah festival yang dinamis yang dihadiri dari perusahaan startup, perusahaan kreatif, universitas, usaha kecil menengah, komunitas dan berbagai gerakan sosial. Rangkaian acara Pinasthika Creativestival XVII antara lain sebagai berikut :

 

CREATIVE MOVEMENT GALLERY

Sebuah pameran dari karya iklan, desain grafis, film, terbaik saat ini serta karya terkurasi yang terdiri dari desain produk, social movement, furniture dan ada beberapa acara pendukung didalamnya seperti pop up market, bioskop kreatif, showcase produk kreatif, dan free sharing.

Creative movement gallery Pinasthika dibuka untuk umum dan gratis setiap hari selama penyelenggaraan Pinasthika #AwakeOn di Hartono Mall Yogyakarta lantai 3. Beberapa pop up market yang akan mengisi antara lain Van Landa, Coklat Ndalem, Martani, Mazaraat Artisan Cheese, Kebun Kita, Warung Kita, Wiki Kopi, Sweet Sundae, Letusee, Kebun Roti dimana masing-masing produk mempunyai konsep dan cerita dalam setiap prosesnya.

Kali ini Pinasthika #AwakeOn juga menggandeng beberapa komunitas seperti Kamera Lubang Jarum Jogja, Kampoeng Dolanan, Komunitas Jamu, Pelem Ukulele, Frog House, Bakpiapia, Batik Kreatif, Sekolah Lurah dan Arkom juga masih banyak lagi yang akan tergabung di Creative Movement Gallery.

Selain itu, di area creative gallery juga ada stage creative sharing. Stage ini akan diisi Ad Student final presentation, aktifitas dari Hipwee, Brilio.net dan PAIJO (Paguyuban Akun Info Jogja) pada Sabtu, 5 November 2016 mulai pukul 14.00 WIB dan hari Minggu, 6 November 2016 mulai pukul 13.00 WIB dari peserta pop up market antara lain Letusee, Wikikopi, dan Martani. Semuanya bisa diikuti oleh siapa saja, terbuka untuk umum dan gratis.

 

10 HOURS CREATIVE SEMINAR

Seminar kreatif dengan kemasan kreatif dan memadukan performance yang akan dibongkar juga proses kreatifnya dengan menghadirkan pembicara nasional dan regional dari berbagai lintas industri dengan tujuan membongkar pola pikir dan membakar semangat berinovasi dan membangun ekosistem kreatif lokal Indonesia. Seminar akan diselenggarakan pada Jumat, 4 November 2016 dari pukul 9.00-21.00.

  • YOUTHS ARE NOT ONLY NUMBER Indonesia YouthLab
  • GLOCALISM NOW, Ferly Novriadi, Creative Business Director & Co-founder bujukrayu
  • CROSSMEDIA, Alfa Aphrodita, Executive Creative Director Arcade Indonesia
  • WORLD OF MOUTH, Ahmad Syerli, VP marketing Bukalapak & Dedy Vansophie, Kreator Campaign Bukalapak
  • PEOPLE BASED MARKETING, Dicky Sukmana, Founder Panenmaya a Facebook Instagram Affiliate Partner
  • CREATIVE ECOSYSTEM, Yansen Kamto, Chief Executive Kibar
  • A KEYNOTE TALKSHOW: INDONESIAN AWAKENING, Handoko Hendroyono, Creative Storyteller & Rio Dewanto, Viva Barista

 

CREATIVE WORKSHOP

Sebuah workshop pararel yang terdiri dari Creative Workshop dengan kuota 50 orang untuk setiap workshop selama 2 hari dengan mentor berkompeten yang secara khusus mensimulasikan proses kreatif dalam suasana kerja tim dan penugasan. Workshop diselenggarakan pada 3 & 5 November 2016, dengan pembicara : Lydia Tarigan (Ogilvy Indonesia), Yogi Simbolon (Fortune Indonesia), Alfa Aprodhita (Creative Channel Planner Officer Arcade Indonesia), Yoga Aditrisna (Berakar Komunikas), Diki Satya (360 Indonesia & Creative Circle Indonesia), Annisa Muharammi (Srengenge Culture Lab), Drs. Reza Fahlevi, M.Si (Kepala Dinas Pariwisata & Kebudayaan Prov. Aceh), M. Arif Budiman (CEO Petak Umpet), Andika Dwijatmiko (CEO Syafa’at Marcomm) dengan Head Mentor Djito Kasilo (Communication Consultant).

 

CREATIVE PRODUCT WORKSHOP

Workshop untuk pemilik produk kreatif yang mengasah wawasan kompetisi, media promo dan branding. Workshop diselenggarakan pada 3 & 5 November 2016, dengan pembicara : Mendiola Wiryawan (Mendiola Design), A Noor Arief (CEO DAGADU), Arif ‘Ayip’ Budiman (Paradesa & Kopi Kultur Bali), Kuntowiyoga (Panenmaya an Facebook Instagram Affiliate Partner), Andika DJ (CEO Syafa’at Marcomm), Handoko Hendroyono (Creative Storyteller), M. Arief Budiman (CEO Petakumpet) dengan Head Mentor Arif ‘Ayip’ Budiman (Paradesa & Kopi Kultur Bali).

 

ADVERTISING & GRAPHIC DESIGN COMPETITION

Penghargaan karya iklan dan desain grafis terbaik yang menjadi parameter kemajuan industri periklanan Indonesia. Terdiri dari beberapa kategori Bawana (Nasional), Baskara (Non-Jabodetabek), Desain Grafis, Craftmanship.

(agp)

About Redaksi Eventweb

Check Also

Ngayogbook2017 : Pesta Diskon Buku di Togamas

Ngayogbook2017 hadir kembali! Di #Ngayogbook2017 kalian bisa dapetkan berbagai judul Buku dengan diskon 30% ALL …