Wednesday , January 17 2018
Home / Blog / Kontes Pesan di Instagram “Dini Lawan Korupsi”
let's share your delicacy with us

Kontes Pesan di Instagram “Dini Lawan Korupsi”

Setiap 9 Desember kita peringati sebagai Hari Anti Korupsi Sedunia. Berdasar kajian UGM, kerugian negara akibat korupsi mencapai Rp 182 Triliun. Ini baru kerugian yang tercatat di Mahkamah Agung, belum kerugian yang tidak tercatat yang pasti jauh lebih besar.

Oleh lembaga Perserikatan Bangsa-Bangsa, korupsi dipandang sebagai penyakit menular dan mematikan. Dipandang menular karena bila kita diamkan maka korupsi bukan semakin mengecil namun akan semakin marak. Dipandang mematikan karena korupsi merusak demokrasi, supremasi hukum, perekonomian, dan mengancam kegagalan suatu bangsa.

Berdasarkan estimasi BPS, pada tahun 2050, yang akan menjadi 70% penduduk Indonesia adalah yang sekarang anak muda. Salah satu yang membuat kita prihatin adalah korupsi tidak hanya ada di kantor-kantor pemerintah atau DPR namun sudah merasuk hingga ke ruang-ruang kelas sekolah.

Siswa dan siswi kita melihat langsung adanya jual beli jabatan kepala sekolah, penggelapan uang sekolah, hingga transaksi jual beli kursi masuk sekolah. Jika kita tidak mulai memikirkan bagaimana melawan korupsi sejak dini maka bukan suatu kemustahilan kita akan mewariskan negara gagal kepada anak cucu kita. Jika kakek nenek kita meneriakkan merdeka atau mati, mungkin ini sudah saatnya kita menyuarakan bebas korupsi atau mati.

***

Dalam rangka turut menyukseskan gerakan perlawanan terhadap korupsi itulah, Rumah Blogger Indonesia (RBI) bekerjasama dengan Kantor Staf Presiden dan didukung United Nations Develpoment Programe menyelenggarakan lomba menyuarakan sikap/pendapat tentang korupsi dengan cara posting di Instagram.

Periode Lomba:
21 Desember 2017 – 20 Januari 2018

Pengumuman Pemenang:
28 Januari 2018

Hadiah:
Pemenang I: Uang tunai sebesar Rp 10.000.000
Pemenang II: Uang tunai sebesar Rp 7.500.000
Pemenang III: Uang tunai sebesar Rp 5.000.000
Pemenang favorit: Uang tunai sebesar Rp 2.500.000
Pemenang hiburan:
Untuk 5 (lima) pemenang uang tunai masing-masing sebesar Rp 1.000.000

Ketentuan
• Peserta berusia minimal 13 tahun
• Menayangkan foto, meme, (info)grafis dan/atau rekaman video maksimal berdurasi 59 detik yang diunggah di akun Instagram personal masing-masing.
• Bebas menggunakan semua jenis alat rekam foto/video.
• Materi foto, meme, (info)grafis dan/atau video menggunakan karya sendiri.
• Penggunaan foto, grafis dan/atau video milik orang lain diperkenankan asal mendapat persetujuan dari pemilik hak cipta (tidak perlu menyertakan bukti persetujuan, namun jika memperoleh sanggahan/keberatan dari pemilik hak cipta akan berakibat menggugurkan penilaian/kemenangan).
• Bebas menggunakan gaya bahasa atau ekspresi kreatif.
• Khusus pada unggahan berupa foto, meme, atau karya grafis, isi pesan dalam keterangan (caption) akan memengaruhi bobot penilaian, dan minimal terdiri dari 3 (tiga) paragraf.
• Penggunaan bahasa/istilah-istilah lokal dan simbol-simbol ekspresi khas lokalitas/kedaerahan diperkenankan, namun harus dijelaskan melalui keterangan (caption) dengan menggunakan Bahasa Indonesia.
• Pesan dalam keterangan (caption) berisi, antara lain (pilih salah satu atau gabungan): 1/ ajakan untuk mengenali bentuk-bentuk praktek korupsi di sekitar kita ; 2/ pandangan/sikap/opini tentang praktek korupsi; 3/ cara menyikapi praktek korupsi; 4/ testimoni/kesaksian/pengalaman berhadapan dengan tindak korupsi; 5/ penilaian/pendapat terhadap upaya dan capaian pemerintah dan aparatur penegak hukum dalam mengupayakan pencegahan dan penegakan hukum dan pemberantasan korupsi; 6/ saran/usulan solusi penanganan kasus korupsi; 6/ dan berbagai hal mengenai seluk-beluk korupsi.
• Diperbolehkan melakukan tagging ke akun Instagram lain pada setiap materi unggahan.
• Setiap peserta diperbolehkan mengirimkan maksimal 5 postingan.
• Peserta wajib menyertakan tagar (hashtag): #DiniLawanKorupsi,
#YangMudaAntiKorupsi, #GenerasiAntiKorupsi
• Peserta wajib mention dan follow akun Instagram @kantorstafpresidenri

About Redaksi Eventweb

Check Also

Blogger, Vlogger dan Selebgram Kibarkan #wonderfulnoon di Dunia Maya

(3/5) JOGJAKARTA – Agenda Kementerian Pariwisata yang melibatkan penggiat digital selalu sukses berkibar jadi trending …