Wednesday , January 17 2018
Home / Musik / Pasar Keroncong Kotagede 2017
let's share your delicacy with us

Pasar Keroncong Kotagede 2017

Sebagai aliran musik dengan perjalanan yang panjang tentu saja Keroncong banyak mendapat pengaruh dari berbagai unsur yang kemudian membentuknya menjadi salah satu jenis musik yang menarik. Penampilan yang paling dikenal saat ini musik keroncong hadir dalam komposisi permainan sejumlah alat musik yakni cak, cuk, cello, biola, gitar, bas dan beberapa alat music modern lainnya. Fleksibilitas dan keterbukaan akan pengaruh baru menjadikan keroncong mempunyai banyak ragam dan gaya seperti seriosa, stambul, langgam, beat dan lain sebagainya.

Sebagai kota yang berdiri di abad 16 Kotagede tentunya juga tidak lepas dari sejarah panjang musik Keroncong, bahkan kotagede menjadi salah satu tempat yang nyaman untuk musik keroncong bertumbuh kembang. Keroncong berkembang secara beragam mulai dari moor, stambul hingga ke keroncong beat yang terpengaruh the Beatles yang sedang menjadi tren saat itu. Banyak kelompok di Kotagede yang kemudian membuat Orkes Keroncong, diantaranya berkembang sangat pesat dan merambah wilayah di luar kotagede. Meskipun bermunculan aliran music lainnya keroncong tetap mendapat tempat di Kotagede, banyak Orkes Keroncong yang sampai sekarang masih eksis dan menjadi ajang mencurahkan hasrat bermusik anggotanya.

Pasar Keroncong Kotagede 2017
Suasana Pasar Keroncong Kotagede 2017 – Eventweb Indonesia (Foto : Erwin Octavianto)

 

Sebagai salah satu upaya pelestarian berkelanjutan tahun ini diselenggarakan kembali Pasar Keroncong Kotagede, tahun 2017 ini merupakan kali ke 3 festival musik keroncong diadakan, dengan 3 Panggung di seputaran Pasar Kotagede diharapkan ajang ini menjadi salah satu pemuas hasrat bermusik bagi pelaku maupun penikmat keroncong. Panggung Loring pasar yang terletak di utara Pasar Kotagede juga Panggung Sopingen yang berada di depan Pendopo Sopingen maupun Panggung Kajengan di utara Masjid Perak diharapkan bisa menjadi ajang interaksi bagi penggemar keroncong sekaligus juga tempat kaum muda mengenal musik Keroncong. Pasar Keroncong Kotagede akan dimulai pukul 19.00 WIB di Panggung Loring Pasar dengan ceremony pembukaan dan kemudian menampilkan 14 Orkes Keroncong secara serempat di 3 Panggung. Penonton diberi keleluasaan untuk memilih aliran maupun Orkes Keroncong yang tampil. Area antar panggung diharapkan mampu menampung penikmat musik keroncong yang hadir, tentu saja akan disuguhi berbagai pemandangan menarik karya artistic yang berpadu dengan keindahan bangunan-bangunan heritage tentunya akan memberikan nuansa tersendiri.

 

Dengan tagline “Gotong Keroncong Bebarengan” diharapkan kaum muda bisa ikut menyukai musik keroncong dan bersama-sama melestarikan musik asli Indonesia yang saat ini juga sudah mulai disukai kaum muda, terbukti dengan semakin banyaknya Orkes Keroncong beranggotakan kaum muda. Sekaligus juga melestarikan jiwa Gotong royong yang mana merupakan salah satu Living Heritage yang patut dilestarikan untuk mewujudkan masyarakat yang Guyub. (ew/agp/eo/pkk)

About Redaksi Eventweb

Check Also

Patti, Benoit, dan Isyana Siap Ramaikan Ekonomi Jazz 2017 di UGM

Penyanyi jazz legendaris Patti Austin (67) dari Amerika Serikat, pemenang Grammy Award 2008 akhirnya berhasil …