Wednesday , December 13 2017
Home / Lain-lain / Mangayubagya Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY
let's share your delicacy with us

Mangayubagya Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY

Salah satu kegiatan dalam serangkaian acara Mangayubagya Pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY adalah #KenduriAgeng pada hari Jumat ini (20/10) mulai pukul 09.00 WIB di Bangsal Kepatihan, Kompleks Kantor Gubernur DIY.

Kegiatan ini terbuka untuk umum, dengan konsep open house sebagaimana pelaksanaan syawalan setiap Hari Raya Idul Fitri. Ribuan masyarakat dari berbagai kalangan hadir dalam Kenduri Ageng ini. Acara dimulai dengan doa bersama, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng. Kemudian tidak berselang lama, masyarakat langsung bersalaman dengan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY. Sesudahnya mereka dapat menikmati hidangan yang telah disediakan.

Untuk mengungkapkan rasa syukur terhadap anugerah yang diterima, dalam acara Kenduri Ageng ini diungkapkan melalui 10 tumpeng; yang terdiri dari 5 macam tumpeng yaitu Tumpeng Sangga Buwana, Tumpeng Kendhit, Tumpeng Robyong, Tumpeng Urubing Damar dan Tumpeng Punar. Masing-masing tumpeng memiliki makna tersendiri.

Berbagai hidangan dan makanan tradisional khas Jogja juga disediakan dan bisa dinikmati oleh masyarakat yang hadir. Pemda DIY menyiapkan 3.000 porsi yang terdiri dari bakso, nasi merah, es dawet, tumpeng dan makanan tradisional lainnya.

Pada malam harinya mulai pukul 20.00 WIB digelar Maulid Akbar dan Tasyakuran bersama Habib Luthfy yang bertempat di Bangsal Pagelaran Keraton Yogyakarta. Acara ini juga terbuka untuk umum. Bagi yang tidak berkesempatan hadir, pihak Keraton Yogyakarta melalui akun media sosial twitternya menghadirkan live twit via periscope @kratonjogja.

Acara Tasyakuran diawali dengan lantunan Shalawat yang dipimpin oleh Habib Baha’uddin bin Luthfi bin Yahya, dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Quran. Antusiasme warga Jogja untuk hadir dalam kegiatan ini sangat tinggi. Meriah namun tetap khidmat.

Sambutan dari Sri Sultan HB X meneruskan acara malam Tasyakuran yang berlangsung di Bangsal Pagelaran Keraton. Setelah menyampaikan sambutan, dilakukan pemotongan tumpeng oleh Habib Luthfy dan diberikan kepada Sri Sultan HB X. Setelahnya dilakukan penyerahan Al-Quran dari Habib Luthfy bin Ali bin Yahya pada warga masyarakat DIY yang diwakili oleh Sri Sultan HB X. Hadir pula mendampingi Sri Sultan HB X, yaitu GKR Hemas bersama para Putri dan Mantu Dalem. Putri Dalem yg turut hadir di Bangsal Pagelaran pada acara ini adalah GKR Hayu, GKR Mangkubumi, GKR Condrokirono, GKR Maduretno dan GKR Bendara. Turut hadir pula dalam acara Tasyakuran ini adalah Kapolda DIY, Brigjend Pol. Ahmad Dofiri dan Mantan Pimpinan MK, Prof. Mahfud MD.

Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi masyarakat agar bisa secara langsung menyampaikan ucapan selamat sekaligus mengungkapkan rasa bahagia dan mendoakan atas dilantiknya Sri Sultan Hamengku Buwono X dan KGPAA Paku Alam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DIY masa bakti 2017-2022.

About Redaksi Eventweb

Check Also

Love Donation 2017

Love Donation 2017

Young On Top Campus Ambassadors kembali menyelenggarakan acara sosial tahunan Love Donation untuk ketujuh kalinya. …