Saturday , November 18 2017
Home / Pameran / Kemenpora Dukung FISIPOL UGM Jadi Pusat Pengembangan Pemuda Sociopreneur Melalui SOPREMA 2017
let's share your delicacy with us

Kemenpora Dukung FISIPOL UGM Jadi Pusat Pengembangan Pemuda Sociopreneur Melalui SOPREMA 2017

Final Kompetisi, Seminar dan Expo SOPREMA 2017 akan digelar pada Selasa hingga Kamis, 10-12 Oktober 2017. Sejumlah 90 tim pemuda dari 29 provinsi di Indonesia akan mengikuti rangkaian kegiatan final kompetisi. Event SOPREMA 2017 ini merupakan gelaran tahun kedua setelah Youth Studies Centre (YouSURE) Fakultas llmu Sosial dan Politik (FISIPOL) UGM tahun lalu mengadakan event yang sama. SOPREMA 2017 ini bukti menguatnya misi UGM sebagai sociopreneur university dengan FISIPOL sebagai gerbong terdepan.

Pada konferensi pers SOPREMA 2017 yang dilaksanakan 9 Oktober 2017 di Ruang Seminar Timur FISIPOL UGM, Direktur Pelaksana SOPREMA 2017, Dr. Hempri Suyatna mengatakan,

“Sociopreneur Muda Indonesia (SOPREMA) 2017 adalah kegiatan tahun kedua yang didukung penuh oleh Kemenpora untuk mendorong wirausahawan-wirausahawan sosial dari generasi muda di Indonesia. Di tahun 2017, ia menunjukkan progress yang luar biasa. Peserta meningkat cukup besar. Jika di tahun 2016, pendaftar hanya sebanyak 505 dari 22 provinsi, di tahun ini terdapat 1.148 dari 30 provinsi. Ini menunjukkan antusiasme yang tinggi.”

Drs. Ponidjan, Asisten Deputi Kewirausahan Kemenpora RI mengatakan, ”Sudah selayaknya kami atas nama Kementerian Pemuda dan Olahraga menyambut baik ide dan gagasan yang diinisiasi oleh FISIPOL UGM. Bapak Menteri mencanangkan Oktober sebagai harinya pemuda. Tepat, kebetulan UGM melaksanakan kegiatan SOPREMA. Ini dalam rangka memberikan apresiasi, mendeteksi dini bakat para pemuda yang menggeluti socio entrepreneur.”

Ponijan juga mengatakan bahwa sociopreneur mutlak diperlukan di masyarakat dengan terjadinya kesenjangan dan masalah-masalah sosial ekonomi yang ada di masyarakat.

“Sociopreneur ini sudah pas untuk membantu menyelesaikan masalah-masalah di masyarakat melalui wirausaha. Para pemuda jangan sampai mengalami kekosongan jiwa sosial. Untuk itu penting untuk membentuk karakter pemuda yang gigi dan peka terhadap masalah-masalah yang dimiliki masyarakat, sehingga nilai sosial ini yang harus ditanamkan dalam pemuda.”

Kompetisi dan Expo SOPREMA 2017 diharapkan mampu mengembangkan pemuda yang berkarakter sociopreneurship, berjiwa petarung, dan memiliki kegigihan serta kepekaan pada lingkungan sekitarnya untuk menciptakan solusi atas masalah-masalah sosial ekonomi yang ada. Ia juga menambahkan bahwa tentunya kegiatan ini bukan semata-mata bagaimana kita para mahasiswa dan pemuda mencari uang, tetapi lebih dari itu sudah selayaknya pemuda sebagai aset, generasi penerus serta agen perubahan.

Adapun kegiatan ini mendapatkan dukungan positif dari pihak universitas. Dr. Suharyadi, Direktur Kemahasiswaan UGM mengatakan,”Hampir setiap minggu kita mendengarkan adanya isu tentang bonus demografi. Tetapi itu hanya melihat dari jumlahnya, kalau mereka tidak terlatih dan terdidik itu akan menjadi masalah. Namun teman-teman di YouSure, FISIPOL mampu membuatnya menjadi bonus dengan adanya Kompetisi dan Expo SOPREMA.”

Suharyadi menambahkan bahwa kegiatan ini akan menjadi bagian dari proses pembelajaran yang ada di universitas, khususnya UGM yang akan membentuk mahasiswa sebagai pionir dari gerakan kewirausahaan sosial dan melalui kegiatan ini pula akan membentuk para pemuda yang terdidik dan terlatih.

Dukungan ini adalah wujud apresiasi dari Universitas kepada FISIPOL dengan menjadikannya sebagai pusat pengembangan pemuda berjiwa sociopreneurship di UGM. Wakil Dekan FISIPOL UGM, Dr. Wawan Mas’udi mengatakan bahwa Kegiatan SOPREMA merupakan satu-satunya kegiatan tentang Kompetisi kewirausahaan di Universitas. Kehadiran SOPREMA sesungguhnya menegaskan posisi UGM sebagai kampus sociopreneur university. Yang menjadi pusat dan inisiator adalah FISIPOL.

FISIPOL UGM melalui SOPREMA telah mampu menjangkau menjangkau berbagai kalangan dengan sebaran peserta dan juga jumlah pemuda yang terlibat. Ini merupakan bagian dari upaya kami FISIPOL, khususnya UGM agar tetap relevan dengan nilai-nilai ke-Indonesia-an yang menjadi nilai UGM itu sendiri. Kita sedang membuat revolusi entrepreneur sosial pemuda di Indonesia, mohon dukungannya.

Pada tanggal 10 hingga 12 Oktober 2017 peserta akan menjalani serangkaian acara yang menjadi bagian dari penilaian. Namun semua peserta tidak hanya mengikuti penilaian semata, namun juga akan mengikuti serangkaian kegiatan. Pada tanggal 10 Oktober, mereka akan melakukan field trip di Taman Sungai Mudal, Kulon Progo. Di samping itu, ada pula kegiatan Expo Sociopreneur yang berlangsung mulai 10 hingga 12 Oktober di Ghra Sabha Pramana.

Kegiatan Expo ini akan diikuti oleh para pemenang kompetisi SOPREMA 2016, pemenang kompetisi sociopreneur serupa, peserta kategori start up SOPREMA 2017, BUMN, swasta, dan peserta umum. Total, akan ada 100 stand yang meramaikan Expo yang diisi oleh sociopreneur dan juga entrepreneur. Tidak ketinggalan, para peserta juga akan dibekali ilmu sociopreneur melalui kegiatan workshop dan coaching clinic pada tanggal 11 Oktober.

Masih satu rangkaian dengan kegiatan di atas adalah penyelenggaraan Seminar dengan tema “Aksi Pemuda untuk Indonesia” pada 12 Oktober di Grha Sabha Pramana dengan menampilkan beberapa pembicara ternama, seperti: Menpora Imam Nahrawi, Agus Rachmadi (Direktur BRI International Institute of Microfinance), Budiono Darsono (Presiden Komisaris media Kumparan), serta Mustofa Romdloni (Presiden 4.0 Komunitas Tangan Di Atas /TDA).

About Redaksi Eventweb

Check Also

Sriboga Expo digelar 15-17 September 2017 di Jogja Expo Center

SRIBOGA Expo merupakan suatu perhelatan akbar dengan beraneka ragam kuliner yang berbasis dari bahan terigu. …