Saturday , November 18 2017
Home / Lifestyle / KUSTOMFEST 2017 – NO BOUNDARIES
let's share your delicacy with us

KUSTOMFEST 2017 – NO BOUNDARIES

Memasuki bulan Oktober, pecinta kustom kulture akan kembali dapat menyaksikan sebuah acara yang menjadi salah satu barometer pergerakan kustom kulture di Indonesia. KUSTOMFEST: Indonesian Kustom Kulture Festival akan kembali dilaksanakan pada tanggal 7-8 Oktober 2017 di Jogja Expo Center, Yogyakarta. Di tahun keenam penyelenggaraannya, KUSTOMFEST 2017 akan hadir mengusung tema “NO BOUNDARIES”.

“KUSTOMFEST selalu hadir setiap tahun dengan sebuah tema khusus dan secara tersirat menampilkan pesan yang kuat bagi pecinta kustom kulture. Tema yang kami pilih tahun ini adalah “KUSTOMFEST 2017 – NO BOUNDARIES”, sebuah tema yang merepresentasikan semangat pecinta kustom kulture untuk membuat karya tanpa takut untuk menabrak batasan-batasan yang ada,” ujar Lulut Wahyudi, Director KUSTOMFEST. LT sapaan akrabnya menambahkan, sebagai seorang builder terkadang harus bisa berimajinasi dan melampaui batasan yang ada sehingga bisa menghasilkan sebuah karya luar biasa.

Di tahun keenam sejak digelar 2012 lalu berbagai tema yang bersinggungan dengan budaya kustom kulture selalu diangkat, tahun ini KUSTOMFEST 2017-NO BOUNDARIES menyiapkan acara spesial Salah satunya adalah Indonesia Attack, sebuah program yang diiniasi untuk beberapa builder muda Indonesia yang siap tampil dengan karya terbaiknya di acara KUSTOMFEST 2017 – NO BOUNDARIES. Gerakan Indonesia Attack ini juga akan menjadi jembatan bagi builder-builder Indonesia untuk menampilkan karya – karya mereka di acara berskala internasional yaitu: Yokohama Hot Rod Custom Show 2017.

Harapan dari gerakan ini adalah sebagai langkah awal pembuktian diri bahwa builder Indonesia mampu untuk membuat sebuah karya yang tidak kalah dengan builder internasional. Ditargetkan akan ada 12 builder yang akan berangkat bersama-sama ke Jepang dengan membawa nama Indonesia.

Yang membedakan di acara Kustom Bike Show tahun ini dengan tahun sebelumnya akan ada dua Special Class yaitu Harley-Davidson Club Style, kelas khusus untuk motor Harley-Davidson yang
sudah di kustom dengan aliran Club Style didukung oleh dealer Anak Elang Harley-Davidson. Kemudian akan ada juga kelas khusus Honda Scrambler, yang ditujukan untuk motor-motor Honda
yang sudah di kustom dengan aliran Scrambler didukung oleh PT Astra Honda Motor.

Di kategori mobil akan ada highlight “Pickup Paradise”, pada tahun ini KUSTOMFEST memberikan ruang khusus bagi pemilik, penggemar dan juga kolektor mobil pickup untuk membawa mobil
terbaik mereka baik yang beraliran orisinal maupun yang sudah dikustom untuk dipajang khusus di area pameran indoor. Mobil pickup yang pada awalnya dikenal sebagai kendaraan niaga ternyata banyak menarik minat kolektor untuk dijadikan sebagai barang koleksi.

Bagi pecinta kustom yang ingin menuangkan kreativitasnya juga bisa mengikuti Royal Enfield ReBuild Classic Challenge dari PT Distributor Motor Indonesia,selaku diler resmi Royal Enfield di Indonesia. Para builder ditantang untuk menuangkan gagasan karya melalui gambar konsep motor kustom berbasis Royal Enfield. Pemenangnya antara lain ditentukan dengan mempresentasikan hasil rancangannya di hadapan pengunjung.

Salah satu sponsor baru tahun ini adalah PT Piaggio Indonesia yang akan menampilkan line up terbaru mereka mulai dari Vespa, Piaggio dan Moto Guzzi, serta sebuah kreasi acara menarik yakni
Vespa Art. Pinstriper kondang Wildman akan menorehkan art work terbaiknya di motor Vespa baru. Lain halnya dengan BMW Motorrad Maxindo Moto yang akan mengunggulkan produk terbarunya di acara Stuntride Show. Kemudian para pinstriper muda akan unjuk kebolehan dalam berkarya melalui Von Dutch Young Pinstripe Contest, KUSTOMFEST X Trooper Helmet Art Show, dan “Cari Aman” Helmet Kustom Paint. Arena adu karya untuk para painter juga kini semakin dilirik oleh Samurai Paint Paint Battle memberikan ruang lebih luas dalam berproses.

Sisi edukasi juga akan diberikan KUSTOMFEST bekerjsama dengan G-Speed yang akan memberikan pemahaman mesin-mesin V8 termasuk cara perawatannya. Tidak hanya bagian mesin, pengerjaan bodyworks juga mendapat perhatian dari KUSTOMFEST dengan mendatangkan ahli sheet metal Cristian Sosa dari Sosa Metal Works. Selain ingin melihat perkembangan kustom di Indonesia ia juga akan mengadakan sesi sharing mengenai art bodyworks yang dilakukan menggunakan peralatan sederhana. Sesi ini akan menjadi konten yang menarik bagi pengunjung yang tertarik untuk diaplikasikan pada saat membuat mobil atau motor kustom.

Pengunjung yang datang juga dapat menyaksikan penampilan dari salah satu band rock legendaris Indonesia yaitu Edane dan juga penampilan dari Gugun The Blues Shelter dan The Hydrant.

Sesuai tradisi dari tahun-tahun sebelumnya, pengunjung acara KUSTOMFEST 2017-NO BOUNDARIES juga bisa berharap untuk menjadi orang paling beruntung di dunia untuk satu malam dengan bermimpi mendapatkan hadiah Lucky Draw yang bisa didapat dengan membeli tiket seharga Rp 50.000,- / hari. Jika sebelumnya Lucky Draw KUSTOMFEST pernah menghadirkan motor beraliran cafe racer, scrambler, old school, dan juga sebuah mobil hot rod. Tahun ini Lulut dan Retro Classic Cycles akan membuat sebuah motor Trike Kustom yang tidak biasa dengan frame di bagian depan menggunakan konstruksi chopper dan bagian belakang yang dibuat khusus mengadposi suspensi mobil Porsche.

“Lucky Draw tahun ini dibuat lain dari tahun tahun sebelumnya, tahun ini kami benar-benar membuat seluruh bagian dari awal menggunakan frame baru dan menggunakan independent rear
suspension dari mobil. Nantinya Trike ini akan menonjolkan sisi engine dan suspensi. Bagaimana hasil akhirnya? Tunggu saja di acara KUSTOMFEST 2017-NO BOUNDARIES” tutup Lulut. (*agp)

About Redaksi Eventweb

Check Also

Festival Arsip IVAA “Kuasa Ingatan” berlangsung di PKKH UGM 19 September hingga 1 Oktober 2017

Untuk memancing kegairahan publik pada kerja pengarsipan, IVAA (Indonesian Visual Art Archive) menggagas Festival Arsip …