Tuesday , December 12 2017
Home / Seni&Budaya / Jogja International Street Performance 2017 : Jogja The Dancing City
let's share your delicacy with us

Jogja International Street Performance 2017 : Jogja The Dancing City

Pada tahun 2017 ini, Jogja International Street Performance mengambil tema #5 Jogja The Dancing City dengan tagline “Jogja Jejogedan”. Event seni pertunjukan internasional yang dirancang oleh seniman-seniman Jogja bersama Dinas Pariwisata DIY ini berlangsung sejak tahun 2010.

Performance tahun ini adalah kali kedelapan acara ini digelar sejak tahun 2010. Tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 24 – 25 September 2017 di berbagai tempat di seputaran Yogyakarta, meliputi kegiatan public space performance dan on stage performance. Ruang-ruang publik akan menjadi alternatif bagi kreativitas seniman untuk merespon dan mengisinya. Selain tersedia panggung konvensional, ruang publik yang disediakan terutama di Plaza Monumen SO 1 Maret Yogyakarta dan Area Parkir Jl. Mangkubumi, serta halaman kantor Harian KR. Pilihan ruang publik adalah sebuah upaya untuk mendekatkan masyarakat pada kegiatan kesenian dan meningkatkan apresiasi masyarakat dalam berbagai segmen. Kedekatan masyarakat sebagai pendukung utama produk seni budaya menjadi sasaran yang sangat penting dalam event ini.

Jogja International Street Performance 2017 diharapkan menjadi ajang kegiatan kesenian alternative yang memberikan ruang baru bagi seniman seni pertunjukan untuk berkreasi. Event yang bersifat internasional ini juga diharapkan bisa menjadi ruang pemersatu budaya antar bangsa dan membangun komunikasi dengan mengesampingkan suku, ras, agama dan golongan baik antar daerah maupun antar negara yang diekspresikan melalui kegiatan berkesenian bersama dalam wadah international street performance.

” JISP Tahun 2017 diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik nusantara maupun mancanegara, khususnya ke DIY. “

Pada acara ini akan tercipta suatu kesempatan untuk berinteraksi hingga terjadi suatu kolaborasi antar pelaku seni dari berbagai negara. Masing-masing penampil akan menunjukan aktivitas seni dari wilayah dan negara mereka. Acara ini juga diupayakan untuk meningkatkan destinasi kegiatan budaya di DIY. JISP 2017 diharapkan akan memperjelas kerjasama dengan Dancing Cities Network yang berpusat di Barcelona dan memasukkan event ini menjadi bagian dari Dancing Cities Network yang sudah diikuti oleh puluhan Negara di Eropa dan Amerika Latin.

JISP 2017 akan dihadiri seniman-seniman seni pertunjukan terutama musik dan tari, mereka adalah :
Jepang : Rina Takahashi
Malaysia : Universiti Kebangsaan Malaysia
Singapore : Kalpana Dosivan & Rupbiny Jayaseelan
Taipei : Wang Yue Kwn
Srilangka : Ranranga Dance Academy
Philipina : Poleen Carla Rosito & dancers
Indonesia
Bellacoustic Kalteng
Daya Presta Jakarta
Phoenix Dance Semarang
Topeng Losari Cirebon
Kapuseni Bangka
Yogyakarta : Satriya Ayodya, Sanggar Seni Kinanti Sekar, Sanggar Tari Anak Tembi, Mila Art Dance, Artha Dance, Devintri, Abib Igal, Alvien Lie.
(*agp)

About Elyanto Hendra

Check Also

Pameran Seni Instalasi Patung bertajuk ‘Jogjatopia’ digelar semarakkan JSSP 2017

Sebanyak 54 karya dari 50 anggota Asosisasi Pematung Indonesia (API) telah tersebar di beberapa titik …