Monday , October 23 2017
Home / Festival / Festival Arsip IVAA “Kuasa Ingatan” berlangsung di PKKH UGM 19 September hingga 1 Oktober 2017
let's share your delicacy with us

Festival Arsip IVAA “Kuasa Ingatan” berlangsung di PKKH UGM 19 September hingga 1 Oktober 2017

Untuk memancing kegairahan publik pada kerja pengarsipan, IVAA (Indonesian Visual Art Archive) menggagas Festival Arsip atau Fest!Sip. Sebuah acara perayaan kehidupan atas budaya arsip yang selama hidup di antara kita dalam berbagai lini dan skala. Fest!Sip diselengggarakan pada 19 September – 1 Oktober 2017.

Dalam perhelatan ini, diadakan beberapa Program acara sebagai berikut:
a) Pameran Arsip dan Seni Rupa Berbasis Arsip
Tema dibangun berdasarkan dinamika dan persentuhan-persentuhan antara seni dengan aspek-aspek lain dalam struktur sosial masyarakat, infrastruktur dan superstruktur kesenian, antar kesenian dengan teknologi dan pengetahuan.

b). Seminar Internasional
Membicarakan kembali topik tentang arsip sebagai penjaga ingatan, di samping isu-isu termutakhir mengenai pengarsipan seni dan budaya di Indonesia tentunya.

c). Pameran Komunitas Arsip Budaya Nusantara
Menitikberatkan pada upaya pertukaran dan pertemuan para pegiat untuk saling bertukar gagasan dan pengalaman terkait dengan dinamika pengarsipan seni budaya di Indonesia.

d). Rangkaian Kegiatan, Diskusi, dan Aktivitas Publik
Bentuk dan format performatif yang berbasis peristiwa banyak dipilih kedalam program Rangkaian Kegiatan, Diskusi, dan Aktivitas Publik seperti di Pameran Arsip dan Seni Berbasis Arsip.
Didalam rangkaian program ini terdapat program bernama Bursa Arsip, menautkan kembali ingatan kita tentang media propaganda di masa lalu yang sempat ngetren.

Selain acara di atas, juga akan berlangsung Workshop Bermain Seluloid bersama LAB LabaLaba.
Saat ini, medium gambar bergerak lebih banyak berbentuk file digital yang tersimpan dalam komputer maupun gawai. Sebagai sebentuk arsip yang sifatnya fisik dan materialistik, seluloid menarik untuk diolah, dikesplorasi serta dieksperimentasi. Acara ini diwujudkan melalui lokakarya sehari yang diadakan pada tanggal 20 Septemebr 2017 mulai pukul 10.00 di Gedung Pameran PKKH UGM.

Pembukaan Fest!Sip “Kuasa Ingatan” sendiri dilaksanakan pada Selasa, 19 September 2017 dimulai pukul 19.00 WIB – selesai yang bertempat di PKKH UGM. Prosesi akan dibuka oleh Bapak Hilmar Farid (Dirjen Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan). Kemudian ada sesi Pertunjukan yang menampilkan LARAS Studies of Music in Society “Catatan Musik Indonesia Populer 1930 – 2016” yang berkolaborasi dengan Icipilli Mitirimin, Jogja Blues, Jazz Mben Senen, Keroncong Sorlem, Gendhing Mares dan Gambang Kromong Pimpinan Welly Hendratmoko, Iksan Skuter, Yennu Ariendra, Sekutu Imajiner, Art Music Today, Doni Alldint, Erie Setiawan dan Wahyu Octavianto, Atinna Rizqiana, Banjar Triadaru, Andreas Praditya. Selain itu juga menampilkan Made Bayak dan Musrary (Log Sanskrit, Jong’s Partij, Olski).

*(AgP)

About Redaksi Eventweb

Check Also

Sriboga Expo digelar 15-17 September 2017 di Jogja Expo Center

SRIBOGA Expo merupakan suatu perhelatan akbar dengan beraneka ragam kuliner yang berbasis dari bahan terigu. …