Monday , September 25 2017
Home / Festival / FKY 29 Tahun 2017 : Umbar Dibuka dengan Mak Byarr!

FKY 29 Tahun 2017 : Umbar Dibuka dengan Mak Byarr!

Helatan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 29 Umbar Mak Byarr dibuka dengan pawai yang berlangsung pada 27/7, pukul 15:00, di sepanjang Jalan Malioboro mulai dari Taman Parkir Abu Bakar Ali, kompleks Kantor Kepatihan, dan berakhir di titik nol kilometer.

Pawai pembukaan FKY 29 dimulai dengan penampilan tarian selamat datang Tari Sekar Pudyastuti, sekaligus diikuti oleh 27 kontingen dengan total kontingen sebanyak kurang lebih 1200 orang, diantaranya Bregada Mloyo Kusumo, Plangkir Paku Alam,  4 kabupaten di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Natya Laskita – Sanggar Didik Nini Thowok, serta Tim Karnaval Fakultas Teknik UNY yang menyajikan pertunjukan jalanan fashion show Umbar Mak Byarr. Sesi pawai pembukaan juga menampilkan kolaborasi Total Perkusi dan Dominique Naura.

FKY 29 merangkul komunitas seni maupun komunitas akademik supaya tercipta ikatan kultural kuat di antara keduanya. Karena itulah penyelenggaraan FKY kali ini bermaksud menyajikan berbagai program kesenian, termasuk seni rupa, pertunjukan, sastra, dari yang tradisional, modern hingga kontemporer.

Umbar Mak Byar kami maknai sebagai pemanfaatan waktu luang untuk menemukan ide segar nan kreatif, khususnya bagi masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta,” kata Roby Setiawan lewat sambutan Ketua Umum FKY 29. FKY diharapkan bisa menjadi helatan utama untuk menjaga predikat Yogyakarta sebagai kota seni.

Dalam pidato yang disampaikan lewat Pawai Pembukaan FKY 29, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Y Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan temaUmbar Mak Byarr memberi peluang bakda “pemerdekaan” muncullah “byar” sebuah gagasan “wow” yang brilian dan bermakna bagi kehidupan seni dan kemanfaatan masyarakat. “FKY dapat menjadi panggung hiburan rakyat, penyegaran dari hiruk pikuk politik”, kata Sri Sultan dalam pidatonya itu.

Sri Sultan berharap FKY dapat menjadi wahana penggerak masyarakat menuju peningkatan dimensi-dimensi nilai, termasuk dimensi teoretis, ekonomi, estetis, sosial, politik, dan keagamaan yang merupakan nilai ketuhanan yang berkebudayaan. Setelah menyampaikan pidato tersebut, Gubernur DIY didampingi Ketua Umum dan Kepala Dinas Kebudayaan DIY bersama-sama membunyikan lonceng sebagai tanda dibukanya Festival Kesenian Yogyakarta 29.

 

Selepas pawai pembukaan FKY 29 di Malioboro, di malam harinya dilangsungkan Pembukaan Pasar Seni FKY 29 di Planet Pyramid mulai pukul 19:00. Pasar Seni FKY 29 terdiri dari beragam produk seni kreatif. Di area Pasar seni juga ada atraksi pertunjukan yang tersebar. Sebagai hiburan di malam pembukaan ini  ada pertunjukan seni dari Gamelan Sekar Wangi, Tari Pinkavaleri, dan ditutup penampil utama dari Jogja HipHop Foundation  membawakan lagu-lagu yang sudah familiar dikhalayak umum.

Festival Kesenian Yogyakarta 29, Kreativitas Baru di Ruang Baru

Mengambil tajuk Umbar dan sub judul Mak Byarr, Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 29 tahun ini bakal dihelat pada tanggal 27 Juli – 13 Agustus 2017 di Planet Pyramid, Jalan Parangtritis Km. 5.5, Sewon, Bantul. Helatan FKY kali ini mengedepankan persepsi artistik yang berbeda, sekaligus ingin melihat perkembangan potensi tempat baru. Tema besar Umbar diambil dengan harapan supaya FKY 29 menjadi ruang festival di mana anggota masyarakat bisa sejenak melepas kepenatan sekaligus memperoleh kesegaran baru. FKY 29 juga dirancang sebagai ruang kebudayaan yang diharapkan mampu memicu kreatifitas khas dan unik saat orang bermain-main di dalamnya.

 

“Dari tahun ke tahun FKY selalu mengkolaborasikan berbagai hal, dan di tempat baru ini FKY diharapkan memicu kreativitas baru”, ujar Setyo Harwanto, Direktur Bagian Umum FKY 29. Lebih jauh lagi, FKY 29 diperlakukan sebagai ruang apresiasi sekaligus wadah untuk menemukan tradisi yang khas di dalam ekosistem kesenian di Yogyakarta. Dengan menggeser ruang festival ke daerah selatan Yogyakarta, FKY kali ini berusaha mendekati produsen seni kreatif.

“FKY 29 bukan semata-mata ruang untuk bertransaksi, tetapi juga ruang presentasi”, ujar Roby Setiawan, Direktur Seni dan Kreatif sekaligus Ketua Umum FKY 29. Menurut Roby, Planet Pyramid dinilai sebagai salah satu tempat yang tepat untuk meleburkan pasar dan nilai-nilai budaya.

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan FKY, nantinya akan dilangsungkan pawai di sepanjang Jalan Malioboro Yogyakarta, melewati rute Abu Bakar Ali – Malioboro – Nol Kilometer, pada tanggal 27 Juli 2017 jam 15:30. Kegiatan pawai  akan melibatkan beragam pelaku seni dan budaya, diantaranya Kesatuan Bregada Kraton, Plangkir Paku Alam, Sanggar Nadtya Laksita, Jathilan, perwakilan dari Kabupaten dan Kodya DIY serta komunitas kesenian dari Nusa Tenggara Timur, Maluku dan Papua. Sementara itu, Opening Ceremony FKY 29 akan dilaksanakan di depan Kantor Kepatihan, rencananya akan dibuka oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X.

Selanjutnya rangkaian acara akan dilanjutkan ke Pembukaan Pasar Seni FKY 29 yang dipusatkan di Planet Pyramid mulai jam 19:30 WIB. Di lokasi ini akan ditampilkan berbagai pertunjukan dari kelompok kesenian tradisi dan kontemporer, seperti Gamelan Sekar Wangi, Tari Pink Kavaleri dan Jogja Hip Hop Foundation.

FKY 29 juga akan menampilkan beberapa penampil dari luar negeri seperti Jennifer Rose (Amerika) yang memainkan pertunjukan tari dan music di Panggung Pasar Seni. Dalam ruang festival yang sama akan ada Samifati, grup musik elektronik asal Perancis yang bakal  tampil di atas panggung Mak Byarr, serta kelompok Gamelan Siswo Sukro asal London yang akan unjuk kebolehan di atas Panggung Pasar Seni.

Kali ini berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya, Pameran Perupa Muda (PAPERU) akan diadakan di Area Futsal Planet Pyramid pada tanggal 31 Juli – 13 Agustus. Di sela-sela pameran, ada berbagai macam kegiatan seperti Lomba Catur, Lomba Cerdas Cermat dan lain lain.

About Redaksi Eventweb

Check Also

Video Pariwisata Indonesia “The Journey To A Wonderful Indonesia” Juara Dunia

Video Promosi Pariwisata Indonesia menjadi juara UNWTO Tourism Video Competition dalam kategori Winner UNWTO Video …