Friday , October 20 2017
Home / Festival / MocoSik’ Book and Music Festival
let's share your delicacy with us

MocoSik’ Book and Music Festival

MocoSik adalah event Festival Buku dan Musik berskala nasional. MocoSik dari bahasa Jawa artinya baca dulu, Iqra’. Dan MocoSik adalah penggalan dari 2 kata “Moco”: Baca dan “Sik”: Musik. Sehingga MocoSik adalah gabungan antara baca dan musik. Idenya berawal dari Anas Syahrul Alimi, seorang promotor muda sekaligus CEO dari Rajawali Indonesia Communication.  Kecintaannya terhadap buku dan musik yang melatarbelakangi lahirnya ide ini.

Pada event MocoSik tahun ini digelar tanggal 12, 13, 14 Februari 2017 di Jogja Expo Center (Hall A), menggandeng IndiHome sebagai sponsor, Rajawali Indonesia Communication sebagai promotor mengajak Kampung Buku Jogja untuk support, khususnya dalam penyelenggaraan Festival Buku. Tujuan utama event ini adalah ingin menyentuh buku dan musik demi menggemakan nafas kehidupan dari keduanya.

Buku dan Musik, dua-duanya adalah benda ‘mati’. Buku hanya kumpulan lembar-lembar kertas yang dibendel. Begitupun dengan musik, senar gitar misalnya, hanyalah enam buah kawat yang ‘angkuh’.
Namun, jika kedua-duanya ‘disentuh’, buku dibuka dan musik dibunyikan, seketika menggemalah kehidupan dari keduanya.

Event yang pertama kali dan terbesar di Indonesia ini, mengemas perpaduan antara Buku dan Musik dengan begitu ‘harmonis’. Pada event MocoSik, tiket masuk untuk menikmati Festival Musik adalah menggunakan ‘Buku’. Calon penonton cukup memiliki Buku Tiket yang telah dipilihkan oleh panitia untuk bisa menikmati acara-acara yang ada.

‘Buku Tiket’ akan dimiliki oleh penonton festival musik. Namun, jika penonton ingin menyumbangkannya, panitia akan menyalurkannya ke Taman Bacaan Masyarakat di Yogyakarta dan pelosok-pelosok Nusantara.

Demi mempertajam spirit event MocoSik, selain Festival Buku dan Musik, digelar pula 2 acara utama, yaitu Talkshow MocoSik.

Talkshow pertama, bersama Najwa Shihab (Host Mata Najwa dan Duta Buku Indonesia) dan FX Rudy Gunawan (penulis, pendiri Gagas Media Publishing dan Tenaga Ahli di Kantor Staff Presiden). Tema yang diangkat adalah ‘Buku dan Generasi MIlenial’. Host talkshow ini adalah 2 penyanyi hebat yang cinta buku, yaitu Glenn dan Tompi. Diselenggarakan pada tanggal 13 Pebruari 2017 – Pk.15.00-17.00 WIB. Talkshow ini terbuka dan gratis.

Talkshow Utama kedua adalah Talkshow ‘Menjadi Promotor Muda’. Acara ini sangat menarik, karena menghadirkan promotor-promotor muda dari Yogyakarta yang gagasan dan karyanya selama ini sudah terbukti mengguncang. Diakui secara nasional maupun international. Para jawara gagasan dan kreatif tersebut adalah:

1.    Anas Syahrul Alimi (Founder Prambanan Jazz)
2.    Lulut Wahyudi (Founder Kustomfest)
3.    Heri Pemad (Founder ArtJog)

Host: Lusy Laksita dan Alit Jabang Bayi
Tanggal 14 Pebruari 2017 – Pk.15.00-17.00 WIB

Tidak cuma Festival Buku, tapi event ini juga menggabungkan musik di dalam nya, Glenn Fredly, Raisa, Tompi, Endah N Rhesa, White Shoes & The Couples Company, sudah confirm dan turut memeriahkan event ini, ada juga musisi Jogja yang sudah siap mendukung sukses nya MocoSik Festival, mereka adalah Shaggydog, FSTVLST, NDX A.K.A, dan Jogja Hip Hop Foundation, semua akan tampil beda di MocoSik Festival.

Festival Buku dalam kegiatan MocoSik adalah acara perbukuan yang merayakan keunikan tema buku-buku di Jogja, yang lahir dari sebuah gagasan alternatif atau berbeda.

Buku-buku yang akan disajikan di festival, pemilihannya ditekankan pada aspek gagasan pembaruan tema terbitan oleh penerbit-penerbit buku. Sehingga buku-buku yang terpilih nantinya memiliki keunikan tema buku demi upaya penyegaran bagi kemajuan cara berpikir masyarakat Indonesia. Bagi anda yang ingin hadir di Festival Buku, acara ini GRATIS untuk umum.

Festival Musik dalam kegiatan MocoSik adalah sebuah festival musik yang mengajak kepada pecinta musik tidak sekedar menikmati musik, tetapi ‘membaca musik’ dan merayakan gagasan bermusik musisi-musisi Indonesia. Musik tidak sekedar menjadi hiburan semata, namun bisa meningkatkan kualitas apresiasi musik demi tercapainya identitas manusia Indonesia yang merdeka dan sehat.

Hal ini diwujudkan melalui menghadirkan materi artis atau musisi dari beberapa jenis genre musik. Baik dari artis mayor maupun indie. Dan tentunya sudah berskala nasional atau mempunyai fans/komunitas yang luas.

Dan yang perlu di garis bawahi, kata Anas, ini pertama kali di Indonesia, tiket tanda masuk di Festival Musik, hanya dengan membeli buku senilai Rp. 50.000, anda bisa menonton artis-artis yang tampil di sini, namun  ada penawaran menarik buat pelanggan IndiHome, tukarkan poin IndiHome dan tunjukkan aplikasi Movin’, anda berhak mendapatkan harga spesial untuk menonton Festival Musik di MocoSik Festival.

Untuk info lebih lengkap, anda bisa menghubungi hotline, 08 222 666 4343 atau 08 5252 16 4343, Twitter dan Instagram @Mocosikfestival, dan Facebook : Mocosik Festival dengan tagar #MocoSikFestival

Sedialah payung sebelum hujan. Nyanyikanlah buku sebelum pikiran lapuk. Dan bacalah musik sebelum jiwa hampa.

About Redaksi Eventweb

Check Also

KUSTOMFEST 2017 – NO BOUNDARIES

Memasuki bulan Oktober, pecinta kustom kulture akan kembali dapat menyaksikan sebuah acara yang menjadi salah …