Monday , October 23 2017
Home / Lain-lain / DIY Tuan Rumah Konferensi Internasional City On Volcano
let's share your delicacy with us

DIY Tuan Rumah Konferensi Internasional City On Volcano

lain3TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – DIY mewakili Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah konferensi internasional City on Volcano ke-8, yang akan dihelat 9 September 2014. DIY berhasil menyingkirkan puluhan negara di Amerika dan Eropa yang mencalonkan diri pada pemilihan di Meksiko belum lama ini.

Alhamdulillah Yogyakarta terpilih. Karena dinilai dunia berhasil dalam penanggulanangan bencana erupsi Merapi 2010,” urai Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono, setelah bertemu Gubernur DIY di Kepatihan, Selasa (23/4/2013).

Topik utama yang akan diangkat pada konferensi ke delapan ini adalah Living Harmony With Volcano. Maksudnya, bagaimana hubungan manusia dengan gunung api. Bukan hanya dari sisi scientific, melainkan dari sisi penanganan bencana termasuk budaya yang tercipta dengan keberadaan Gunung Merapi.

Dengan demikian, lanjut Surono, akan tercipta komunikasi lebih luas mengenai bagaimana pemerintah daerah dan masyarakat mengantisipasi ancaman bahaya Merapi. Hal inilah yang ingin dibagi kepada negara lain, terutama yang memiliki kawasan dengan gunung api aktif.

“Pada Letusan 2010 lalu bisa dikatakan kita berhasil dari segi mitigasi. Walaupun masih tetap ada korban jiwa. Tapi dari besaran letusan dan warga yang ada, dunia berhasil mengakui keberhasilan ini,” paparnya.

About Redaksi Eventweb

Check Also

JOB & CAREER FESTIVAL 2016

JAKARTA GET READY FOR THE BIGGEST JOB & CAREER FESTIVAL 2016: INDONESIA “JOB FOR CAREER” …